Pusterad-Jurnali

kastara.id, Jakarta – Komadan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Dan Pusterad) Mayjen TNI Hartomo bersilaturahmi dengan para wartawan media massa di Markas Pusterad Cilangkap, Cipayung Jakarta Timur, Senin (26/3).

Menurutnya, kegiatan yang bertema “Mewujudkan sinergritas Pusterad dan insan pers dalam membangun NKRI,” ini sebagai komunikasi sosial atau silaturahmi dengan media massa yang digelar oleh Satuan Intelijen Teritorial Pusterad (Sat Intelter Pusterad) yang merupakan salah satu metoda pembinaan teritorial yang harus diterapkan ke dalam kehidupan Prajurit TNI AD.

Dalam pelaksanaannya dapat diterapkan pada seluruh strata masyarakat salah satunya dengan insan pers (media cetak, media elektronik, dan media online) guna menginformasikan segala kondisi wilayah yang ada di kota maupun pelosok daerah Indonesia untuk memelihara serta meningkatkan hubungan yang erat. Hal ini demi terwujudnya saling pengertian serta kebersamaan antara personil Satintelter Pusterad dengan Media Massa dan kebijakan TNI AD yang berkaitan dengan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Menurut Hartomo, media massa merupakan bagian dari elemen bangsa yang bersama-sama dengan TNI AD menyiapkan potensi nasional secara cepat dan tepat dalam menginformasikan berita terkini dari berbagai daerah perkotaan sampai daerah terpencil. “Oleh karena itu komunikasi insan media/media massa diharapkan mampu memberikan informasi berita terkini yang terjadi di negara kita, sehingga bisa memantau perkembangan situasi nasional dan bertindak serta mengantisipasi terjadinya berbagai permasalahan nasional,” katanya.

Selain itu, kegiatan komunikasi/silaturahmi dengan insan media yang dilaksanakan Pusterad dalam hal ini Satintelter selaku unsur pelaksana di jajaran Pusterad merupakan kegiatan berkesinambungan untuk mendapatkan informasi dua arah antara media massa dengan satuan teritorial Angkatan Darat.

“Hal ini dimaksudkan untuk menjalin silahturahmi antara personel Pusterad dengan insan Pers di wilayah Jabodetabek dengan harapan informasi sekecil apapun dapat digali melalui insan media untuk di analisa dan diolah dalam mengambil kebijakan terbaik untuk kepentingan TNI AD, kemajuan bangsa dan negara serta masyarakat,” katanya.

Di samping itu, menjalin hubungan baik antara insan pers dengan Pusat Teritorial Angkatan Darat sehingga dapat dijadikan sarana tukar menukar informasi perkembangan situasi secara tepat dan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu terciptanya pemahaman dan kesamaan persepsi dan kerja sama yang erat dengan insan pers dalam upaya meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat melalui sarana informasi sehingga dapat terhindar dari berita hoax yang saat ini sedang marak terjadi. (npm)