Stephen LangitanStephen Langitan.

Kastara.id, Jakarta – Bertempat di kantor Kementerian Perhubungan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, seorang anak bangsa, Stephen Langitan, akan mulai melakukan solo ride Jakarta-London.

Perjalanan yang akan menempuh jarak 30.000 kilometer ini dilepas pada Minggu (25/3) pagi oleh beberapa staf dari Kementrian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri, Kemenpora, dan Kepolisian Republik Indonesia, serta BUMN TVRI dan Pertamina Lubricants, dan sejumlah perusahaan swasta yang mendukung penuh kegiatan ini.

Stephen akan mengibarkan merah putih di berbagai pelosok dunia sambil menyampaikan pesan perdamaian, persaudaraan tanpa batas, dan keselamatan berlalu lintas.

“Yang pasti kegiatan ini akan mengharumkan nama bangsa serta memberikan contoh dan menjadi inspirasi bagi generasi muda dan menunjukkan ciri bangsa Indonesia yang berani, disiplin, tekad, dan semangat pantang menyerah serta pejuang yang gigih untuk mencapai tujuan,” ungkap Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi saat pelepasan.

Dalam perjalanan solo riding ini Stephen Langitan akan melalui 26 negara dengan waktu kurang lebih 145 hari. Diharapkan dapat mencapai finis atau tiba di Kedutaan Besar Indonesia di London pada tanggal 17 Agustus 2018 bertepatan dengan upacara perayaan Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia.

Menjawab tentang persiapannya, Stephen hanya menjelaskan bahwa berkendara seorang diri tidak mudah dan harus dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang. “Mulai dari persiapan fisik, hingga perlengkapan termasuk surat surat dan kendaraan yang akan digunakan. Sedangkan yang lainnya adalah mengatur ritme perjalanan yang harus disesuaikan dengan kondisi fisik serta jalan yang akan dilalui,” jelasnya. (*)

Reporter/Foto: Koes Biantoro-Kastara.ID
Editor: Dwi