Fokus Depok

Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong dalam Syiar Ramadan

Kastara.ID,Depok – Sebanyak 20 penari  dengan penuh riang gembira menari dan memancing respon gemuruh tepuk tangan penonton dalam acara Sarasehan Budaya yang bertema “ Menggali Jejak Peradaban Nusantara” di Gedung Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI)  Senin, (25/3) .

Keseluruhan penari tersebut merupakan anggota komunitas Bakul Budaya yang merupakan bagian dari pokja kebudayaan ILUNI FIB UI. Tarian yang mereka bawakan bernama “Kaluhuran Nuswantara”. Tarian “Kaluhuran Nuswantara” tersebut merupakan buah karya koreografer Anter Asmorotedjo dan musisi Pardiman Djoyonegoro.

Adapun seluruh gerakan dalam tarian ini diadaptasi dari gerak para Punakawan yang terdiri dari Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong yang bernuansa ceria dan jenaka. Lirik lagu pengiringnya berisi ajakan kepada masyarakat untuk mengenal dan mencintai keindahan seni, tradisi, alam, dan beragam kultur masyarakatnya.

Penampilan para penari Bakul Budaya ini merupakan bagian dari hiburan dalam acara Sarasehan Budaya yang masih termasuk dalam program “Syiar Ramadan Kampus UI 2024”. Pemilihan tarian ini untuk dipentaskan dalam acara tersebut bukan lah tanpa maksud, Punakawan merupakan tokoh pewayangan yang berasal dari tanah Jawa.

Anggotanya terdiri dari Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Punakawan sendiri merupakan tokoh yang diciptakan oleh para wali di Jawa yang memiliki tujuan untuk menyampaikan problematika yang terjadi di tengah masyarakat.
Dalam beberapa cerita, Punakawan membantu tokoh pewayangan lain seperti Pandawa. Karena muncul dari kearifan lokal, kita tidak akan menjumpai Punakawan di cerita pewayangan versi India. Punakawan berasal dari kata “pana” yang berarti paham, dan “kawan” yang berarti teman.

Punakawan bukan hanya sebagai pengikut biasa, tetapi juga memahami apa yang menimpa majikannya. Berbeda dengan ksatria lain yang digambarkan dengan sikap sopan, santun, dan kaku, Punakawan memiliki sifat menghibur, bahkan jenaka, sehingga kemunculannya dalam cerita pewayangan selalu dinanti.

Jadi sangat lah pas jika Bakul Budaya menampilkannya di sela-sela acara Sarasehan Kebudayaan yang menampilkan para narasumber hebat seperti Doktor Ginanjar  Sya’ban dan Doktor Munawar Holil, yang dimoderatori oleh M. Idris Masudi, yang banyak mengupas kejayaan peradaban Nusantara di masa lalu untuk diperkenalkan lagi kepada generasi masa kini.

Selain Bakul Budaya, seniman  Yogie Sani juga tampil memeriahkan acara dengan membawakan puisi religi. “Syiar Ramadan Kampus UI 2024 merupakan bentuk ibadah ghairu mahdhah, yaitu ibadah yang tidak ada petunjuk pelaksanaan dan teknis secara jelas dalam naskah, Event ini bukan hanya untuk menyemarakan bulan suci Ramadan yang indah dan penuh makna, namun juga menanamkan dan meningkatkan sensitivitas seni dan budaya sivitas akademika,”, ujar Kepala Makara Art Center Universitas Indonesia Doktor Ngatawi Al Zastrouw.

Sementara itu Ketua Umum Bakul Budaya Dewi Fajar Marhaeni menambahkan: “Bakul Budaya selalu siap berada di garis depan pemajuan seni dan budaya Nusantara sebagai bentuk ikhtiar membangun karakter luhur bangsa Indonesia”.

Leave a Comment

Recent Posts

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…

Bukti Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Dalam Menunjukkan Prestasi

Kastara.Id,Depok - Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Depok. Di awal tahun 2024 ini, Kota Depok…