Vaksin MMR

Kastara.ID, Jakarta – Wabah virus corona (Covid-19) terus menyebar di hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Para peneliti pun berlomba-lomba untuk menemukan vaksin penawar dari virus tersebut.

Sederet ilmuawan bahkan telah mempelajari berbagai informasi dari wabah virus sebelumnya seperti wabah SARS tahun 2003, untuk mencari solusi dari serangan SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Sementara itu, penelitian terdahulu telah menemukan bahwa vaksin BCG yang digunakan untuk menangkal tuberkulosis cukup menjanjikan untuk memerangi virus corona.

Baru-baru ini, peneliti University of Cambridge mengungkap bahwa vaksin MMR untuk infeksi rubella, campak (measles), dan gondongan (mumps), dapat membantu melindungi karena struktur virus yang menyebabkan deretan penyakit tersebut cukup mirip.

Seperti dilansir laman Time Now News, Ahad (26/4), struktur virus yang menyebabkan Covid-19, campak, gondong, dan rubela memiliki kemiripan sebesar 29 persen.

“Kedua virus itu memiliki struktur sekitar 29 persen. Ini berarti bahwa vaksin untuk satu dapat membantu melawan virus lain, dan mencegah penyakit,” ungkap Peneliti utama, Dr Yorgo Modis dan Profesor Robin Franklin. (rfr)