Tol Japek II

Kastara.ID, Jakarta – Enam hari lagi, masyarakat Indonesia akan menyambut Idul Fitri. Jutaan masyarakat pun mulai melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

Meski begitu, polisi menyebut saat ini belum terjadi peningkatan volume lalu lintas kendaraan di sejumlah ruas jalan tol yang dilalui para pemudik. Arus kendaraan masih signifikan.

“Belum ada (peningkatan volume lalu lintas kendaraan), masih sedikit di atas rata-rata harian normal,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (26/4).

Dikatakan Sambodo, pihaknya menemukan adanya penurunan volume lalu lintas kendaraan di sejumlah ruas tol yang dilalui pemudik. Angka volume kendaraan pada Senin (25/4) turun dibandingkan dengan Ahad (24/4) kemarin.

“Untuk tadi malam itu ada penurunan dibandingkan dengan sebelumnya, hari Senin turun dibandingkan Minggu,” jelasnya.

Sampai dengan saat ini, kepolisian juga masih melakukan uji coba ganjil genap di sejumlah ruas tol untuk diberlakukan pada masa mudik Lebaran. Uji coba ini berlangsung selama tiga hari mulai 25-27 April 2022.

Dalam uji coba hari pertama yang berlangsung pada Senin (25/4), masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kebijakan tersebut.

“Uji coba gage kemarin ada dua hal penting yang perlu dicatat, pertama masyarakat masih banyak yang belum tahu,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi kepada wartawan, Selasa (26/4). (ant)