Categories: Berita

Hingga Agustus 2016, Bea Cukai Tindak 169 Kasus Penyelundupan Narkoba

Kastara.id, Jakarta – Hingga 19 Agustus 2016, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) berhasil menggagalkan 169 kasus upaya penyelundupan Narkotika, Psikotropika, dan Prekursos (NPP). Total barang bukti narkoba yang berhasil diamankan mencapai 432,73 kilo gram (kg) dan prekursor sebanyak 1.325,92 kg.

Sepanjang 2016, tercatat narkoba jenis Methamphetamine (sabu-sabu) masih mendominasi jumlah tegahan narkoba. “Sekitar 86 persen dari total tegahan DJBC pada tahun 2016 ini merupakan jenis sabu,” ujar Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi di sela pertemuan jajaran DJBC dengan Gerakan Nasional Anti Narkoba (GRANAT), sebagaimana dikutip dari laman DJBC (25/8).

Selain itu, lanjutnya, DJBC juga mencatat adanya jenis narkoba dan psikotropika jenis baru yang tidak umum disalahgunakan di Indonesia, seperti MDVP, Dimethyltrypramine, alprazolam, dan xanax.

Menanggapi maraknya pemasukan narkoba ke wilayah Indonesia, DJBC juga berupaya untuk terus mengembangkan unit dan strategi dalam melakukan penindakan. Beberapa upaya tersebut antara lain dengan melakukan pengembangan unit anjing pelacak, sistem analisis, dan melakukan operasi pengawasan NPP.

”Selain mengembangkan unit dan strategi, dalam melakukan penindakan narkotik, kami juga berharap adanya peran serta pihak eksternal, di antaranya Polri dan BNN (Badan Narkotika Nasional) untuk pengawasan narkoba,” kata Heru Pambudi. (raf)

Leave a Comment

Recent Posts

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…