Bandung

Kastara.ID, Jakarta – Mural atau gambar dinding berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali muncul. Kali ini terdapat di jembatan flyover Pasupati, Kota Bandung. Mural dengan tinggi 2 meter dan lebar 2,5 meter itu menampilkan gambar pria berbaju putih. Pada bagian mata dan hidung wajah itu tertutup masker. Tangan kanan gambar itu juga terlihat memegang kepala.

Belum diketahui siapa pembuat mural tersebut. Namun di bagian samping mural itu terdapat tulisan “Niskala’ dengan ukuran yang lebih kecil. Mural tersebut langsung menjadi perhatian para pengguna jalan. Diperkirakan mural tersebut mengritik kebijakan pemerintah terkait dengan penanganan Covid-19.

Seperti dikutip dari kumparan.com (25/8), seorang pengguna jalan bernama Rudi (20 tahun) mengatakan, mural itu sudah cukup lama berada di lokasi tersebut. Rudi bahkan mengaku sudah melihat mural itu sejak sebulan lalu.

Komentar serupa disampaikan Gita (21 tahun) yang kerap melintas di flyover Pasupati. Gita tidak mengetahui siapa pembuat mural itu.

Namun pada Rabu (25/8) malam, mural tersebut sudah tidak ada. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sudah menghapus mural di Jalan Prabu Dimuntur, Kota Bandung itu. Pada pukul 19.30 WIB, Satpol PP terlihat membersihkan mural dan mengecat ulang dinding flyover Pasupati.

Kemunculan mural bergambar mirip wajah Jokowi ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya di kolong jembatan kereta api Bandara Soekarno-Hatta, Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten juga terdapat mural bergambar mirip wajah Jokowi. Namun pada bagian mata tertutup tulisan ‘404: Not Foud’ berlatar merah. Saat ini mural bergambar mirip wajah Jokowi itu sudah dihapus.

Dalam dunia internet, istilah ‘404: Not Found’ adalah kode yang artinya situs yang akan dibuka tidak ditemukan atau kosong. Dikutip dari wikipedia, 404 artinya tidak ditemukan atau kesalahan. Ini merupakan HTTP kode respons standar jaringan komunikasi yang menginformasikan server berhasil berkomunikasi tapi situs atau laman yang dituju tidak ditemukan. (ant)