Vaksinasi

Kastara.ID, Depok – Sebanyak 800 warga Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, mengikuti vaksinasi Covid-19 secara massal. Vaksinasi diadakan di Gedung Serbaguna RW 12.

Kepala UPTD Puskesmas Mampang, Iva Nur Farida menjelaskan, pihaknya mendapatkan alokasi vaksin dari Gudang Farmasi Kota Depok sebanyak 70 vial yang diberikan kepada 800 penerima.

“Vaksin yang kami berikan adalah dosis pertama untuk usia 12 tahun ke atas, jenisnya Sinovac,” jelasnya di sela kegiatan tersebut, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (25/8).

Iva menuturkan, sebelum divaksin peserta menjalani skrining kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM). Salah satunya berupa pengecekan tensi dan gula darah untuk usia produktif 15-59 tahun.

“Jika tensi atau gula darahnya tinggi, kami arahkan untuk menjalani pengobatan di Puskesmas. Setelah normal baru divaksin,” tutur Iva.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Mampang, Agustiar mengatakan, vaksinasi massal ini merupakan kerja sama stakeholder wilayahnya dari tingkat RT hingga RW. Kegiatan ini juga bentuk dukungan pihaknya dalam mempercepat capaian vaksinasi Covid-19.

“Kami berkomitmen akan terus gencar menggelar vaksinasi massal, bekerja sama dengan unsur TNI Polri dan UPTD Puskesmas Mampang. Sebelumnya di akhir Juli dan pertengahan Agustus lalu, kami juga menggelar kegiatan serupa,” tambahnya. (dha)