MotoGP Amerika 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Madrid – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez baru sekali menang setelah comeback di MotoGP sejak MotoGP Portugal. Kemenangannya diraih di Sirkuit Sachsenring, Jerman yang menjadi favoritnya.

Hingga kini Marquez masih dalam keterbatasan fisik karena cedera pada lengannya. Tapi di Aragon kembali naik podium setelah finis kedua. Demikian pula di Misano dengan finis keempat, tak jauh dari tiga besar.

Kini MotoGP bakal menyeberang ke Amerika, tepatnya di Austin, salah satu sirkuit kesukaan Marquez.

Marquez bahkan sudah memenangkan enam balapan berturut-turut di Austin. Di balapan terakhir pada 2019 lalu, Marquez juga bisa menang andai tak jatuh, karena sudah jauh meninggalkan lawan-lawannya.

Fonsi Nieto yang asal Spanyol pun menilai kalau Marquez semakin membaik dan bakal tampil kuat di Austin.

“Ini adalah sirkuit di mana saya pikir Marquez masih akan berjuang untuk menang. Itu salah satu trek di mana saya pernah melihatnya melaju lebih cepat,” papar Fonsi kepada AS, seperti dimuat Tuttomotoriweb.

Memang benar bahwa di Misano terlihat Marquez masih kesulitan karena layout lintasan yang rumit dan berkelok, jauh berbeda dengan Austin.

“Di Misano dia sangat kesulitan secara fisik, karena treknya rumit, berliku, dan lambat. Ini menimbulkan masalah baginya. Tapi di Austin dia pasti akan berjuang untuk menang,” imbuhnya.

Fonsi juga memprediksi tentang perebutan gelar juara dunia MotoGP tahun ini. Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo disebutnya sebagai favorit tahun ini.

“Quartararo sangat cerdas. Tujuannya adalah untuk membidik gelar, dia tidak ingin melakukan kesalahan. Terus seperti ini dia bisa menjadi juara di balapan kedua di Misano atau di Portugal. Saya pikir dia akan punya cukup peluang di Misano,” ungkap Fonsi.

Balapan di MotoGP Austin, Amerika Serikat, akan berlangsung di akhir pekan  pada 1-3 Oktober mendatang. (tra)