Rice Box PSI

Kastara.ID, Jakarta – Puluhan warga RW 06 Kelurahan Koja, Jakarta Utara, terpaksa harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja. Pasalnya mereka mengalami pusing dan muntah. Diduga warga mengalami keracunan setelah menyantap nasi kotak yang dibagikan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ketua RW 06 Suratman mengatakan, total ada 35 warga yang muntah-muntah dan pusing setelah mengonsumsi makanan tersebut. Suratman menyebut, 24 di antaranya di bawa ke RS dan sisanya hanya dirawat di rumah masing-masing. Saat memberikan keterangan, Senin (25/10), Suratman menuturkan, saat ini tersisa lima orang yang menjalani rawat inap di RSUD Koja.

Suratman menceritakan, PSI membagikan 89 nasi kotak kepada warga RW 06 Koja pada Ahad (24/10). Nasi ini dibagikan secara spontan, karena salah satu warga RW 06 berkawan dengan seorang kader PSI.

Menu nasi kotak yang dibagikan adalah nasi, telur rebus, orek, buncis, dan salad. Nasi itu dikemas dalam kotak bergambar logo PSI.

Suratman melanjutkan, setelah 2-3 jam setelah makan nasi kotak itu, warga mulai merasa mual dan pusing. Beberapa juga menderita pusing. Semula warga yang menderita keracunan di bawa ke Puskesmas setempat. Namun dirujuk ke RSUD Koja guna mendapat perawatan lebih baik.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW PSI) DKI Jakarta Michael Victor Sianipar dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/10), mengakui telah membagikan nasi kotak atau rice box kepada warga RW 06 Kelurahan Koja, Jakarta Utara. Namun Michael mengatakan pihaknya tidak memasak sendiri nasi kotak itu. Melainkan memesan dari warung dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat.

Atas kejadian tersebut Michael meminta maaf. Michael menambahkan pihaknya juga sudah memberikan bantuan kepada para korban keracunan makanan. (ant)