JCI Femme

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri acara pelantikan dan sumpah jabatan kepengurusan baru Junior Chamber International (JCI) Femme tahun 2022 di Gedung DPRD DKI Jakarta (26/3).

Ia berharap JCI Femme sebagai organisasi kepemudaan tingkat dunia dapat terus menggali potensi diri, serta memberi kontribusi yang positif bagi pembangunan bangsa dan dunia, termasuk bagi Kota Jakarta.

“Kota Jakarta, sebagai miniatur Indonesia dalam kancah global, tentu sangat menyambut peran serta JCI Femme dalam menyebarluaskan nilai-nilai positif di tengah masyarakat. Kita berharap JCI sebagai organisasi global dapat memberi kesempatan para pemudi Indonesia, khususnya Jakarta, menjadi warga dunia lewat pertemuan bertaraf internasional tersebut. Saya berharap JCI dapat terus berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Jakarta,” ucap Wagub Ariza, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Wagub Ariza juga berpesan agar wadah organisasi kepemudaan JCI ini dapat menggaungkan isu nilai-nilai organisasi dan semangat leadership kepada para pemuda di seluruh Indonesia, khususnya di Jakarta. Seperti mengadakan pelatihan yang bisa diterapkan di dunia profesional.

“Nilai-nilai inilah yang menjadi bekal kita dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Khususnya di kalangan remaja dan pemuda. Apalagi, JCI juga menyerukan semangat nasionalisme kepada generasi muda agar peduli terhadap lingkungan di sekitar dan kehidupan sosial masyarakat di Indonesia, juga di Kota Jakarta,” terangnya.

Untuk diketahui, JCI adalah organisasi Internasional pemuda non-politik dan terbuka, bagi semua kalangan. Organisasi ini merupakan bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang berafiliasi dengan PBB.

Indonesia telah berinteraksi dan mengembangkan afiliasi JCI sejak tahun 1970-an. Bahkan saat ini JCI telah mengembangkan sayap organisasi ke kurang lebih 27 kota dan provinsi di Indonesia, termasuk di Kota Jakarta.

Mereka telah banyak berkolaborasi dengan berbagai kalangan, termasuk pemerintah daerah seluruh Indonesia. JCI di tahun 2020 telah melahirkan sebuah organisasi bernama JCI Femme dengan tujuan berfokus pada pemberdayaan perempuan, dengan latar belakang anggota yang berbeda.

Sebagai organisasi komunitas internasional, yang menampung anggota berusia antara 18 sampai 40, JCI Femme telah banyak menanamkan nilai-nilai positif di kalangan anak muda.

Turut hadir dalam kesempatan itu, World President JCI International Alex Tio, Immadiate Past President JCI Femme Istia Sofyania, dan Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Zita Anjani.