Kastara.ID, Jerez – MotoGP kompetisi musim 2023 diramaikan 22 pembalap di berbagai pabrikan dan tim.

Delapan di antaranya menggunakan Ducati di empat tim berbeda.

Sementara sisanya empat Aprilia, empat Honda, empat KTM dan hanya dua Yamaha.

Bos Aprilia, Massimo Rivola sebelumnya menyebut MotoGP sebagai “kejuaraan satu merek” karena dominasi Ducati.

Dia bersikeras bahwa “jumlah maksimum tim per pabrikan harus ditetapkan”.

“Jika Anda tampil sendirian, Anda tidak punya pertunjukan. MotoGP seharusnya tidak menjadi kejuaraan pabrikan tunggal. Sudah ada hampir setengah dari posisi di grid yang ditempati oleh satu merek. Kita harus mencari kompromi. Saya setuju bahwa jumlah maksimum tim per produsen harus dibatasi,” jelas Rivola yang dilansir Speedweek.com.

Menanggapi hal itu, bos Ducati, Gigi Dall’Igna, memberikan jawabannya.

“Saya pikir itu benar-benar adil di MotoGP,” jelas Dall’Igna kepada Speedweek.com, dan dilansir Crash.net.

“Apa yang kami lakukan diperbolehkan oleh peraturan. Setiap (tim) menerima kompensasi sebesar £3 juta dari penyelenggara kejuaraan jika memasok tim satelit. Tidak ada subsidi yang dibayarkan untuk tim satelit lainnya. Regulasi ini sudah ada sejak awal, sama untuk semua (tim). Jika tim Satelit ingin menggunakan motor Ducati, mereka melakukannya karena motor kami lebih baik dari yang lain. Itu pandangan saya,” jelasnya.

Ducati terbuka dengan pabrikan lain. Mereka bersedia memberikan motor ke tim satelit dan dipersilakan.

“Jika Aprilia ingin memiliki lebih banyak motor di grid, mereka dapat berusaha untuk meyakinkan lebih banyak tim,” tandas Dall’Igna.

Ducati sepertinya akan tetap menurunkan delapan motor untuk beberapa tahun ke depan, tapi tentu tak akan selamanya.

“Kami sedang bekerja untuk mempertahankan situasi saat ini untuk tahun depan. Dari sudut pandang olahraga, sangat penting bagi kami untuk memasok dan mendukung beberapa tim satelit. Peraturan terlihat sama untuk semua orang. Honda juga memiliki banyak tim satelit di masa lalu, tidak ada yang mengeluh. KTM atau Aprilia dapat memutuskan untuk meniru strategi kami jika mereka mau,” jelasnya.

Empat tim dengan total delapan pembalap yang menggunakan Ducati adalah Ducati Lenovo, Prima Pramc Racing, Gresini Racing, dan Mooney VR46 Racing. (tra)