Pansus Hak Angket KPK

Kastara.id, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo minta masyarakat untuk mentaati dan disiplin dalam melakukan pembayaran BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) menyusul terjadinya defisit anggaran di BPJS. Masalah ini diperparah adanya polemik di masyarakat mengenai tiga peraturan baru BPJS Kesehatan yang bersangkutan dengan layanan jamnan kesehatan.

Berkaitan dengan itu, Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bansoet meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar mendesak BPJS Kesehatan untuk segera mengatasi defisit anggaran itu.

“Yang pasti jangan sampai gara-gara defisit anggaran, pelayanan kesehatan kepada masyarakat merosot,” kata Bamsoet di komplek parlemen, Jumat (27/7).

Bamsoet minta pengawasan juga ditingkatkan terhadap potensi kecurangan yang masih marak dalam pelayanan kesehatan. Selain itu Bamsoet juga minta Kemenkes mengkaji ulang kondisi keuangan BPJS Kesehatan dalam upaya memperbaiki tata kelola keuangan yang ada, serta berfokus pada mutu layanan dan efektivitas pembiayaan.

Yang tidak kalah penting lagi, lanjut Bamsoet, masyarakat untuk disiplin dalam melakukan pembayaran iuran peserta BPJS Kesehatan, guna meminimalisir defisit anggaran dalam BPJS Kesehatan. (danu)