Perpustakaan DKI

Kastara.ID, Jakarta – Anggota DPD RI dari DKI Jakarta Sylviana Murni menyerahkan buku bernuansa Betawi ke seluruh perpustakaan yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta. Ini dalam rangka memenuhi khazanah literasi Beranda Betawi yang ada di perpustakaan.

Sylvi menjelaskan, buku-buku bernuansa Jakarta dengan kearifan lokalnya dapat menjadi sumber literasi bagi para pemustaka. Menurutnya, generasi muda atau milenial perlu mengetahui kearifan lokalnya, termasuk budaya Betawi.

“Volumenya bisa nambah, tapi judulnya kurang lebih ada delapan judul sementara ini. Nanti terus-terusan saya memberikan buku-buku tentang warisan, khazanah, dan kearifan lokal Jakarta, khususnya budaya Betawi. Beranda Betawi ini bisa menjadi tempat untuk milenial untuk tahu tentang kearifan lokal Jakarta,” ungkap Sylvi, Jumat (27/11).

Dia menilai, fasilitas Beranda Betawi yang ada di perpustakaan DKI Jakarta selain menjadi ciri khas, sekaligus dapat meningkatkan kemampuan literasi dan memperkaya wawasan pemustaka tentang Jakarta, serta lebih mengenal dan mencintai budaya Betawi.

“Semua buku yang diserahkan tentang Jakarta, tapi lebih kepada kearifan lokal supaya ada sumber literasinya. Kita perbanyak koleksinya. Karena bangsa besar adalah bangsa yang mengenal dan menghargai sejarahnya, dan Jakarta ini punya sejarah dan kearifan lokal pastinya,” kata Sylvi.

Untuk diketahui, Betawi Corner atau Beranda Betawi digagas oleh Sylviana Murni bersinergi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta.

Betawi Corner dapat dijumpai di perpustakaan yang dikelola Pemprov DKI Jakarta, dilengkapi dengan koleksi buku dan beragam informasi tentang Jakarta dan budaya Betawi. (hop)