Go Jakfarm

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta meresmikan program Go Jakfarm di Kebun Berseri Perumahan Bukit Mas, Jalan Cakra Negara Raya, RT03/15, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Peresmian program ini ditandai dengan pemberian bibit cabai kepada Kecamatan Pesanggrahan dan penanaman 28 bibit pohon rambutan, mangga, dan petai.

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta Mujiati mengatakan, dalam program ini, lahan seluas 1,2 hektare di lokasi dijadikan lokasi percontohan pertanian perkotaan (urban farming), khususnya tanaman cabai.

“Saat ini Pak Gubernur sangat gencar mengajak warga ikut menanam cabai sendiri di pekarangan rumah. Tujuannya menjaga stabilitas harga pangan,” ujarnya, Jumat (28/2).

Ia melanjutkan, dengan diresmikannya Go Jakfarm, pihaknya ingin mengajak warga  menanam tiga pot tanaman cabai di tempat tinggalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saat Lebaran nanti akan terasa hasilnya bagi kita jika menanam cabai sebanyak-banyaknya,” katanya.

Camat Pasanggrahan Fajar Churniawan menambahkan, pemanfaatan lahan untuk urban farming baru diterapkan di wilayah Bintaro dan Ulujami.

“Kita akan survei lagi untuk mencari potensi lahan yang masih kosong. Sehingga bisa kita garap menjadi lahan pertanian perkotaan,” tandasnya. (hop)