Café Jabarano

Kastara.ID, Melbourne – Kopi Jawa Barat kini hadir di kota Melbourne, sebuah kota yang memiliki sebutan the Capital of Coffee Culture Down Under. Peresmian pembukaan Café Jabarano dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Mayor Kota Melbourne The Hon. Lord Mayor Sally Capp di Flinders Lane, kawasan strategis di pusat Kota Melbourne (26/2). Peresmian pembukaan Café Jabarano oleh kedua tokoh tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap penguatan kerja sama ekonomi kedua wilayah.

Dengan tema “menghadirkan budaya Jawa Barat melalui secangkir kopi”, Jawa Barat ingin memperkenalkan budaya dan potensi ekonomi yang dimiliki provinsi tersebut. Café Jabarano menjual seratus persen kopi yang dihasilkan oleh para petani dari Jawa Barat. Perluasan pasar kopi ke luar negeri tersebut merupakan salah satu strategi “inclusive economy” yang diusung oleh Gubernur Ridwan Kamil dengan melibatkan petani-petani kopi Jawa Barat.

Di akhir peresmian, PT Jabarano Trading International menandatangani Nota Kesepahaman dengan mitranya dari Australia yaitu Gracindo Pty Ltd dan Sentoso Coffee Import untuk mendorong ekspor kopi Jawa Barat ke Melbourne dan Sydney, Australia, sebanyak 500 ton per bulannya

Melbourne menjadi pintu masuk pasar kopi Jawa Barat di Australia. Ke depan, Javarano Café berencana untuk meluaskan sayapnya dengan membuka kedai di Sydney, Perth, dan Adelaide serta ke belahan lain di dunia. Gubernur Ridwan Kamil mengharapkan pembukaan sejumlah kafe di luar negeri yang menjual kopi Jawa Barat akan meningkatkan ekspor kopi Jawa Barat ke berbagai negara. Gubernur Ridwan Kamil mengungkapkan visinya yang ingin menjadikan kopi Jawa Barat kopi juara di dunia.

Investasi Jabarano Café di Melbourne merupakan outbound investment Indonesia yang ketiga selama tahun 2020 setelah Citilink dan Garuda Maintenance Facility yang membuka cabangnya di Negara Bagian Victoria. (put)