Wisatawan

Kastara.ID, Jakarta – Momen libur panjang yang bertepatan dengan peringatan Isra Miraj dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian ke sejumlah objek wisata. Tak terkecuali kawasan wisata di Kepulauan Seribu seperti Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanudin mengatakan, meski ramai wisatawan pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19. Pengawasan sudah dilakukan sejak dari dermaga asal.

“Wisatawan yang turun dari kapal diawasi ketat dan diarahkan untuk cuci tangan di sarana yang disediakan. Pemeriksaan suhu tubuh, cek bukti vaksin dan imbauan penggunaan masker secara tepat terus disampaikan secara berkala,” ujar Fakih, Senin (28/2).

Menurutnya, dari empat kapal penumpang yang sandar di dermaga Pulau Pramuka terdapat 239 penumpang sesuai manifes kapal yang datang dari dermaga keberangkatan pelabuhan Kali Adem dan Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara.

“Semua bisa menunjukkan bukti vaksin sesuai dengan aplikasi PeduliLindungi. Namun demikian kita imbau agar wisatawan tetap patuh protokol kesehatan sepanjang menjalankan aktivitas wisata di Kepulauan Seribu,” tandasnya. (hop)