Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, capaian ini merupakan hasil sinergi Pemprov DKI Jakarta beserta Pemerintah Pusat, Kementerian/Lembaga terkait, OPD serta semua elemen terlibat.

“Pemprov DKI Jakarta akan terus berkomitmen dalam penanganan dan pengendalian kerawanan pangan serta gizi dan selalu berupaya memajukan ketahanan pangan di DKI Jakarta,” ujar Eli, Rabu (28/2).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) juga menerima apresiasi dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) berupa penghargaan Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Tahun 2023.

Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta menjadi Dinas atau OPD pelaksana pengawasan keamanan pangan terbaik bersama dengan Provinsi Jawa Tengah dan Lampung.

Eli menyampaikan, pemberian apresiasi ini memotivasi peningkatan kolaborasi, sinergitas dan komunikasi dalam membangun sistem keamanan pangan segar di seluruh Indonesia.

Dia berharap apresiasi tersebut dapat menjadi kekuatan utama dalam upaya memajukan ketahanan pangan di DKI Jakarta, termasuk memberikan perlindungan konsumen dan memastikan perdagangan yang adil di masyarakat.

“Apresiasi yang diterima Pemprov DKI Jakarta ini menjadi prestasi bersama untuk selalu menjaga komitmen penanganan dan pengendalian kerawanan pangan serta gizi,” kata Eli.

Untuk diketahui, Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Kerawanan Pangan dan Gizi dihadiri oleh Kepala Bapanas, perwakilan Kementrerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, BPS, FAO, WFP, Bappeda Provinsi, dan Dinas Pangan Provinsi/Kota/Kabupaten seluruh Indonesia. (hop)