Natal

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta akan menyiagakan 2.500 petugas kebersihan saat malam takbiran hingga Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Ribuan petugas ini disiagakan untuk memastikan kondisi kebersihan Jakarta tetap terjaga selama libur Lebaran.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, selain ribuan personel, pihaknya juga menyiagakan ratusan truk sampah dan 88 kendaraan penyapu jalan otomatis (road sweeper).

“Kami siagakan 50 petugas di setiap kecamatan. Totalnya ada 2.500 personel yang bertugas saat malam takbiran hingga Idul Fitri. Termasuk TPST Bantargebang yang tetap melakukan pelayanan,” katanya, Kamis (28/4).

Asep menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan personel dan sarana untuk penanganan sampah saat arus mudik di stasiun dan terminal sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri LHK Nomor Se.3/MENLHK/PSLB3/PLB.0/4/2022 tentang Pengendalian Sampah dalam Rangka Mudik Lebaran.

Para personel tersebut akan melakukan imbauan dan mensosialisasikan Mudik Minim Sampah di terminal dan stasiun. Dalam sosialisasi itu, para pemudik diminta membawa Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL), wadah makan dan minum sendiri dari rumah saat melakukan perjalanan mudik.

“Akan disediakan fasilitas penampungan sampah terpilah oleh pengelola stasiun dan terminal di beberapa lokasi,” tandas Asep. (hop)