Depok

Kastara.ID, Depok – Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Iyay Gumilar mengaku peningkatan sampah sudah terjadi sejak kemarin atau H-5 lebaran. Kendati demikian, kenaikannya belum terlalu signifikan.

“Peningkatan volume sampah sudah terjadi sejak kemarin atau H-5 lebaran. Namun jumlahnya belum signifikan. Kalau biasanya sampah yang masuk 900 ton, mulai kemarin menjadi 950 ton,” ujarnya, di Balai Kota, Kamis (28/4).

Dikatakannya, pihaknya juga telah mengantisipasi sebelum terjadi pelonjakan sampah. Beberapa upaya yang biasanya dilakukan, di antaranya penambahan armada serta memperbanyak petugas kebersihan.

“Sudah kami antisipasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena memang grafiknya sama, melonjak H-5 sampai lebaran dan menurun setelahnya,” ucapnya.

Pihaknya juga telah mengantisipasi dengan mengimbau Unit Pengolah Sampah (UPS) di seluruh Kota Depok untuk melakukan pengolahan sampah yang dihasilkan saat lebaran. Hal ini dinilai perlu guna menekan produksi sampah yang masuk ke TPA Cipayung.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri, semua pihak harus terlibat. Termasuk masyarakat untuk bijak dalam pengelolaan sampah. Hindari wadah sekali pakai,” tutupnya. (dha)