Subekti

Kastara.ID, Jakarta – Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL Jaya), akan mengoperasikan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) komunal milik Dinas Sumber Daya Air (SDA) yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

Direktur PD PAL Jaya Subekti mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas SDA mengenai pengelolaan dan perawatan IPAL komunal tersebut.

“Untuk biaya operasional nanti kami minta disubsidi agar lebih meringankan masyarakat, besarannya akan ditentukan setelah IPAL ini selesai,” ujarnya, Jumat (28/6).

Manager Pengembangan Bisnis PD PAL Jaya Aris Supriyanto menambahkan, IPAL komunal milik Dinas SDA yang akan dikerjasamakan operasinya ini dapat menjangkau 50 hingga 100 rumah.

“Kami masih menunggu serah terima operasionalnya dari Dinas SDA. Kalau sudah ada kita langsung lakukan operasional dan pemeliharaan,” imbuhnya

Plt Kepala Dinas SDA Dudi Gardesi mengungkapkan, pada tahun ini pihaknya menargetkan membangun 10 IPAL komunal. Saat ini, jelas Dudi, ada tiga IPAL yang sudah dibangun, yaitu di Malaka Sari Jakarta Timur, Cimanggis Jakarta Timur dan Semper Jakarta Utara.

“Anggaran untuk 10 lokasi IPAL yang dibangun tahun ini sebesar Rp 27 miliar lebih. Diharapkan akhir tahun sudah selesai,” tandasnya. (hop)