Yayasan Kampung Silat Petukangan

Kastara.ID, Jakarta – Yayasan Kampung Silat Petukangan (YKSP), Pesanggrahan, Jakarta Selatan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-493 Kota Jakarta dengan menyelenggarakan pentas virtual pertunjukan Silat Beksi dalam puisi.

“Silat Beksi merupakan bagian dari seni dan budaya Betawi. Untuk itu, dalam rangka merayakan HUT Jakarta tahun ini, kami gelar pentas virtual pertunjukan Silat Beksi dalam puisi,” ujar Naufal Haryawan, Ketua Umum YKSP, Ahad (28/6).

Naufal menuturkan, dalam pertunjukan pentas virtual ini, pihaknya membawakan cerita tentang H. Godjalih, seorang pemain rebana sekaligus orang yang pertama kali mengenalkan dan mengajarkan Silat Beksi di kawasan Petukangan pada 1930.

“Dari tangan dingin H. Godjalih, lahir sejumlah guru besar Silat Beksi seperti H. Hasbullah, Kong Simin, Kong Noer dan Mandor Minggu,” ungkap Naufal.

Menurut Naufal, pentas virtual ini berhasil terselenggara berkat bantuan dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta dibantu aparatur kelurahan dan kecamatan setempat. Dalam pertunjukan tersebut, para murid dari masing-masing perguruan Silat Beksi ikut ambil bagian memainkan peran dalam cerita yang dibawakan.

“Pentas virtual ini kami lakukan sebagai sumbangsih kita ke Pemprov DKI yang telah membantu melestarikan Silat Beksi di Petukangan,” tandasnya. (hop)