Dekranasda Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Museum Sejarah Jakarta sebagai destinasi wisata unggulan di kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, saat ini sudah dilengkapi dengan gerai kerajinan yang menjual beraneka produk karya puluhan perajin binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati mengatakan, gerai tersebut menjadi yang ketiga belas ada di DKI Jakarta dengan salah satu tujuan untuk mengenalkan dan memudahkan wisatawan mencari produk kerajinan khas Jakarta.

“Gerai Dekranasda di Museum Sejarah Jakarta ini menjadi upaya kami untuk mendekatkan masyarakat, khususnya wisatawan dengan karya kerajinan khas Jakarta,” ujarnya, Kamis (28/11).

Fery menjelaskan, pembukaan gerai baru tersebut merupakan kerja sama antara Dekranasda DKI Jakarta dengan Museum Sejarah Jakarta untuk memudahkan wisatawan yang berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta dan sekitar kawasan Kota Tua, serta menemukan suvenir khas Jakarta untuk dijadikan buah tangan.

“Mulai dari pernik dengan ikon khas Jakarta, pouch serbaguna, dan tas kanvas. Tidak hanya itu, ada juga pakaian khas Betawi seperti Kebaya Encim maupun batik dengan motif khas Betawi dapat pengunjung temui di gerai yang dirancang apik bagi pengunjung,” tandasnya.

Untuk diketahui, gerai kerajinan di Museum Sejarah Jakarta diresmikan langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (27/11) kemarin.

Usai melakukan peresmian, Fery berkesempatan untuk melihat-lihat langsung beraneka produk kerajinan yang dijual di gerai tersebut. (hop)