TPA Cipayung

Kastara.ID, Depok – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok terus konsisten mengawal program Sekolah Berbudaya Lingkungan atau Adiwiyata. Berbagai upaya dilakukan agar jumlah Sekolah Adiwiyata bertambah setiap tahunnya.

“Sosialisasi secara masif kerap dilakukan, kader pemerhati lingkungan juga sudah dibentuk untuk terjun langsung mengajak sekolah-sekolah menciptakan lingkungan yang sehat,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati, di ruang kerjanya, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (27/12).

Dikatakan Ety, Program Adiwiyata ini telah berlangsung sejak 2012. Berdasarkan data tahun 2021, Kota Depok telah meraih 41 Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, 108 Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi, dan 155 Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota.

“Kami sangat mengapresiasi peran serta pihak sekolah dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup di sekolahnya masing-masing. Oleh karena itu, kami berharap ke depannya akan semakin banyak sekolah yang mengikuti Program Adiwiyata ini,” jelasnya.

Menurutnya, keberadaan guru maupun siswa dapat berperan sebagai penggerak pelaksanaan upaya perbaikan lingkungan. Dengan dukungan semua pihak dipastikan bisa meningkatkan jumlah sekolah untuk berpartisipasi menciptakan lingkungan yang asri.

“Pemkot Depok tetap konsisten mengusulkan sekolah-sekolah untuk diajukan ke tingkat provinsi maupun nasional. Mudah-mudahan dukungan semua pihak dapat meringankan langkah kami dalam memberikan perubahan bagi lingkungan,” tutupnya. (dha)