EBET

Kastara.ID, Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo mengatakan, Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBET) kini menjadi tren untuk menunjang pembangunan masa depan. Bahkan, EBET juga dibutuhkan untuk mengejar angka pertumbuhan ekonomi nasional.

“Tren baru dunia internasional saat ini adalah berlomba-lomba memanfaatkan EBET yang ramah lingkungan. Begitu juga Indonesia saat ini tidak mungkin lagi hanya mengandalkan energi fosil dalam menunjang pembangunan serta pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Sartono, Rabu (29/6).

Penyediaan EBET jadi keniscayaan untuk diprioritaskan pemerintah dalam memenuhi target pencapaian sesuai dengan kebijakan energi nasional. Selain itu, sambung politisi Partai Demokrat itu, perlu pula membuat standardisasi pengaturan portofolio EBET, agar pengembangan EBET mendapat kepastian dalam tataran yang sama pada level of playing field.

“Kesinambungan pasokan energi dan ketahanan energi merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup bangsa dan negara. Oleh karena itu, pemanfaatan EBET haruslah efektif dan optimal. Indonesia membutuhkan EBET untuk memenuhi kurangnya pasokan energi maupun memperkecil jumlah impor energi nasional,” tutup legislator dapil Jawa Timur VII itu. (rso)