MotoGP Belanda 2022(motogp.com)

Kastara.ID, Assen – MotoGP Belanda 2022 yang berlangsung akhir pekan kemarin telah menyisakan cerita. Sesaat setelah menyelesaikan lap pemanasan tunggal menjelang start, pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira tanpa sengaja menabrak sisi kiri pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir.

Akibatnya, sisi kanan sayap motor rider Portugal itu rusak akibat benturan.

Insiden berlanjut begitu lampu start dipadamkan, giliran Mir kehilangan kendali dan menyerempet pembalap satelit Mooney VR46 Racing, Luca Marini.

Akibatnya, start pembalap Italia itu terganggu dan turun banyak posisi.

Usai balapan Mir mengaku salah dan meminta maaf kepada adik Valentino Rossi itu.

“Saya melakukan kontak dengan Marini dan saya tidak bisa maju ke depan, saya hanya bisa memulihkan posisi saat balapan. Di bagian pertama balapan saya mulai menyalip beberapa pembalap per lap, dan itu positif, yang terbaik akhir pekan ini,” jelas Mir kepada GPOne seperti dilansir Motosan.

Paruh akhir balapan tidak berjalan dengan baik sama sekali. Mir kemudian menjelaskan insiden dengan Oliveira sebelum start ketika mereka menyelesaikan putaran pemanasan.

“Apa yang terjadi dengan Oliveira adalah saya mencapai posisi lebih dulu dan mengerem keras untuk mengaktifkan holeshot depan,” imbuh pembalap Spanyol itu.

“Untuk beberapa alasan dia tidak mengharapkan saya untuk berhenti dan dia menyentuh saya. Saya pikir dia kehilangan sayap, meskipun pukulannya tidak terlalu keras. Untungnya saya bisa memulai balapan,” katanya.

Mengenai insiden dengan Marini di start, Mir menjelaskan bahwa dia start dengan cukup baik dan dia mengklaim lebih cepat dari Marini.

“Saya berbelok ke kiri untuk mengambil (racing line) bagian luar, lalu motornya terangkat sedikit dan dia masuk ke dalam, dan kami berdua bersentuhan. Saya minta maaf atas apa yang terjadi, tapi pada kesempatan itu saya kehilangan kendali untuk sesaat dan kami bersentuhan,” tandas pembalap Mallorca itu. (tra)