Jokowi(getty images)

Kastara.ID, Jakarta – Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pelantikannya sebagai Presiden RI 2019-2024 dilaksanakan lebih cepat. Semula dijadwalkan pelantikan bakal dilaksanakan pada 20 Oktober 2019.

Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi mengatakan, Jokowi mengusulkan pelantikan dimajukan menjadi 19 Oktober 2019. Hal itu dikemukakan Jokowi saat menghadiri pertemuan dengan para relawan di Istana Negara, kemarin lusa (27/9).

Budie menyatakan (28/9), Jokowi tidak menyebut alasan pasti usulan tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu hanya ingin mencari hari baik. Pasalnya tanggal tersebut bertepatan dengan hari Sabtu.

Budi menyebut berbagai kegiatan bakal dilaksanakan dalam menyambut prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden tersebut. Sejumlah acara akan digelar oleh berbagai elemen, menyambut presiden terpilih pilihan rakyat di Pilpres 2019.

Sementara itu sejumlah persiapan telah dilakukan menjelang hari pelantikan, terutama terkait keamanan. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memperingatkan pihak-pihak yang ingin mengganggu dan menggagalkan acara tersebut. Hadi menegaskan para pengganggu akan berhadapan dengan TNI. (rya)