Kastara.ID, Motegi — Pembalap Catalan, Alex Rins, dinyatakan tidak fit usai menyelesaikan hari pertama MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi.

Sebelumnya, Rins tiba-tiba comeback untuk balapan akhir pekan ini, namun setelah sesi Latihan dia merasakan kakinya terlalu sakit dan berisiko memperburuk kondisi.

Karena itu, dia akan mundur dari sisa Grand Prix Jepang, kemudian akan dilanjutkan oleh pembalap Jerman, Stefan Bradl, di tim satelit LCR Honda Castrol.

“Alex Rins dinyatakan tidak fit karena rasa sakit yang dirasakannya hari ini pada kaki kanannya saat tes di lintasan. Kami bangga dengan usahanya, terima kasih telah mencoba Alex,” ungkap pernyataan resmi LCR.

“Kami sudah mencoba, tapi… Bagaimanapun, senang bisa melakukan lebih banyak langkah dalam proses pemulihan kami! Kami akan terus bekerja,” jelas Rins melalui Twitter-nya.

“Seri akhir pekan kami berakhir di sini (setelah hari pertama), tapi saya senang telah mengambil langkah lain dalam proses pemulihan dan kembali mengendarai motor! Kami terus bekerja,” ujar Rins.

“Ini bagian dari proses! Kami tidak akan balapan di Jepang tapi saya senang bisa mengendarai motor lagi. Kami terus bekerja, selangkah demi selangkah!,” imbuhnya.

Rins sudah tidak mengikuti balapan sejak seri Italia, dia terjatuh di Sirkuit Mugello dan mematahkan kaki kanannya.

Sebelumnya Rins telah menjalani dua kali operasi untuk menyembuhkan kakinya. Hingga kini Rins masih harus melalui tahap pemulihan.

Rins akan mencoba untuk comeback di MotoGP Indonesia mendatang yang dijadwalkan pada 13-15 Oktober. (tra)