BPJS Kesehatan

Kastara.ID, Jakarta – Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris mengatakan bahwa dirinya telah bertemu dengan perusahaan asuransi asal China Ping An Insurance (PAI). Hal ini terkait dengan rencana PAI membantu BPJS Kesehatan melakukan evaluasi sistem teknologi informasi.

Namun saat berbicara pada Ahad (27/10) lalu, Fachmi tidak menyebutkan secara pasti kapan pertemuan itu dilaksanakan. Fachmi menjelaskan, inisiatif pertemuan datang dari pihak PAI. Tidak ada kesepakatan tertentu dari pertemuan tersebut. Fachmi menyebut acara itu hanya diisi dengan ngobrol dan tukar pendapat.

Dalam pertemuan itu, lanjut Fachmi, dibicarakan pula tentang kondisi asuransi sosial di Indonesia, termasuk BPJS Kesehatan. PAI banyak bertanya apa yang sudah dan belum dimiliki BPJS Kesehatan, termasuk tentang evaluasi sistem teknologi informasi.

Sebelumnya, Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Wahyuddin Bagenda menjelaskan bahwa pihaknya tengah memproses tawaran dari PAI. Namun Wahyuddin tidak menjelaskan proses apa yang dimaksud. Ia juga enggan menjelaskan sejauh mana proses itu sudah berjalan.

Sebelumnya PAI melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, telah menawarkan bantuan mengatasi masalah yang membelit BPJS Kesehatan. Tawaran yang disampaikan pada 23 Agustus 2019 itu, menurut Luhut terkait dengan sistem teknologi informasi.

Luhut berharap bantuan dan masukan dari PAI bisa membantu BPJS Kesehatan, termasuk dalam mengatasi defisit keuangan yang semakin memburuk. (put)