Bung Karno

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, Soekarno atau Bung Karno adalah bapak bangsa, proklamator, dan sekaligus pahlawan nasional. Itulah sebabnya Megawati berharap patung Presiden pertama Indonesia itu ada di semua daerah di Indonesia. Hal ini agar perjuangan Soekarno bisa ditiru oleh generasi muda.

Saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara Peresmian dan Penandatanganan Prasasti Taman UMKM Bung Karno (28/10), Megawati mengakui patung memang hanya bersifat simbolis. Namun, patung membuat orang lain bisa tahu tentang sosok seseorang.

Megawati menegaskan, pembuatan patung bukan bertujuan mendewakan seseorang. Pembuatan patung menurutnya adalah cara untuk mengenalkan sosok pahlawan. Itulah sebabnya Megawati menilai patung bapaknya itu perlu dibuat di setiap daerah. Namun Presiden kelima RI itu menyatakan tidak perlu terburu-buru karena sifatnya adalah gotong royong.

Megawati pun teringat kenangan bersama mendiang ayahnya yang selalu menceritakan tentang pahlawan nasional dari berbagai daerah di Indonesia. Ia juga menuturkan, jika bukan karena mendapat cerita dari Soekarno, ia tidak akan tahu tentang sosok Pattimura asal Maluku dan pahlawan nasional lainnya.

Sebelumnya pada 29 September 2021 lalu, Megawati meresmikan patung Soekarno di Polder Stasiun Semarang Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Pada patung tersebut Soekarno digambarkan sedang berdiri dengan tangan kanan menunjuk ke atas dan tangan kiri memegang tongkat komando.

Dalam sambutan yang disiarkan melalui kanal YouTube PDIP, Megawati mengucapkan terima kasih kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang telah menginisiasi pembuatan patung tersebut. Megawati mengatakan, PT KAI telah memberikan sumbangsihnya dengan membuat patung Soekarno di area Stasiun Semarang Tawang. (ant)