AstraZeneca

Kastara.ID, Jakarta – Total sebanyak 1.040.220 vaksin Covid-19 kembali tiba di Tanah Air (28/11). Antara lain 334.620 dosis vaksin Pfizer dan 705.600 dosis vaksin AstraZeneca.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, 334.620 vaksin Pfizer dikirim langsung ke sejumlah Dinas Kesehatan (Dinkes).

Misalnya, Dinkes Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan. Sedangkan vaksin AstraZeneca dikirim ke gudang PT Bio Farma di Bandung.

“Kedatangan vaksin secara bertahap, kontinyu, dan terus-menerus diperlukan untuk menjaga kestabilan stok vaksin Indonesia,” terang Nadia melalui dalam siaran pers tertulisnya, Senin (29/11).

Masih dari keterangan aturan, pemerintah sekarang fokus mengejar target vaksinasi dosis dua dengan melibatkan pelbagai elemen.

Nadia, meminta masyarakat tidak ragu mengikuti vaksinasi dan tak memilih-milih jenis vaksin. “Semua vaksin sama baik dan berkhasiatnya,” ucapnya menegaskan.

Di kesempatan yang sama, Nadia juga menyampaikan adanya peningkatan kasus Covid-19 pada 19 kabupaten dan kota. Dua kabupaten di antaranya yakni Fak-Fak dan Purbalingga mengalami kenaikan selama empat minggu berturut-turut.

Selanjutnya, Lampung Utara mengalami kenaikan selama tiga minggu berturut-turut. Sedangkan 16 provinsi lainnya mengalami kenaikan dalam dua pekan berturut-turut. (ant)