Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendukung langkah pemerintah pusat dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim, pemanasan global, dan polusi udara. Untuk itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan penanaman pohon bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, pada Rabu (29/11).

“Hari ini saya bersama Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon serentak di beberapa kota, termasuk Kota Jakarta yang dilaksanakan di Hutan Kawasan Industri Pulogadung ini. Ini adalah upaya bersama untuk upaya perbaikan kualitas udara,” kata Pj Gubernur Heru.

Menurutnya, kegiatan penanaman pohon terus dilakukan oleh Pemprov DKI bersama masyarakat dan pemangku kepentingan. Kegiatan penanaman juga dilakukan serentak di enam wilayah administrasi dan kabupaten DKI Jakarta, serta delapan wilayah di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek).

“Seperti yang disampaikan Presiden, sekarang ini musim yang pas untuk menanam pohon. Gerakan menanam pohon harus dilakukan terus-menerus untuk penghijauan kota. Di Jakarta sendiri sudah ada 900 lebih titik yang sudah dilakukan penanaman,” ujarnya.

Sementara Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada Pemprov DKI dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mengantisipasi perubahan iklim. Ia juga mengajak masyarakat untuk mulai menanam pohon apapun di lingkungannya masing-masing.

”Kegiatan penanaman pohon tidak hanya hari ini saja, tetapi akan dilakukan serentak bersama-sama di seluruh provinsi di Indonesia dalam rangka perubahan iklim, pemanasan global, dan mengatasi polusi yang sudah kita rasakan nyata terjadi,” terang Presiden Jokowi.

Kegiatan menanam pohon ini juga secara serentak diikuti sembilan kota dan kabupaten di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dengan total 22.800 pohon yang ditanam. Penanaman dilakukan di sekolah, kawasan permukiman, perkantoran, kawasan terbuka hijau, sempadan sungai, hingga turus jalan. Di Jakarta sendiri yang terpusat di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung ditanam sebanyak 1.320 pohon, Kepulauan Seribu sebanyak 3.000 pohon, Jakarta Utara 3.090 pohon, Jakarta Pusat 3.330 pohon, Jakarta Barat 3.210 pohon, Jakarta Timur 4.020 pohon, dan Jakarta Selatan 3.350 pohon.

Sementara sebanyak 450 pohon juga ditanam di Kabupaten Bogor, 195 pohon ditanam di Kota Bogor, 100 pohon ditanam di Kabupaten Bekasi, 120 pohon ditanam di Kota Bekasi, 165 pohon ditanam di Kota Tangerang Selatan, 150 pohon ditanam di Kota Tangerang, 100 pohon ditanam di Kabupaten Tangerang, dan 200 pohon ditanam di Kota Depok. (hop)