Kastara.ID, Ricardo Tormo — Pembalap Spanyol, Marc Marquez, pada dasarnya masih berstatus pembalap tim pabrikan Repsol Honda. Kontraknya baru akan benar-benar berakhir setelah 31 Desember akhir tahun ini.

Karena itu, ketika menjalani tes di Valencia, Selasa (28/11) kemarin, Marquez diizinkan mencoba Ducati namun dengan baju balap yang tidak mewakili Gresini Racing.

Marquez baru berhak menggunakan seragam Gresini Racing mulai 1 Januari 2024 nanti, termasuk tidak boleh membuat komentar publik tentang motor Ducati yang sudah dia coba kemarin.

Hal seperti ini sudah biasa bagi pembalap yang pindah tim dan termasuk dalam perjanjian kontrak mereka.

Walaupun banyak yang penasaran seperti apa komentar pertamanya pada Ducati, Marquez tetap belum dizinkan berbicara ke publik.

Penampilan Marquez dalam tes di Valencia sangat baik, bahkan sempat menjadi yang tercepat dan sangat nyaman sepanjang tes, sebelum akhirnya Marquez mengakhiri tes di posisi keempat.

Marquez hanya tertinggal +0.171 detik di belakang pembalap tercepat, Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan +0.078 detik dari pembalap Ducati tercepat Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing).

“Hari ini luar biasa bagi tim. Perasaannya luar biasa di kedua sisi garasi,” ungkap manajer tim Gresini Racing, Michele Masini, kepada MotoGP.com yang dilansir Crash.net.

“Soal Marc, saya tidak bisa bicara, tapi waktu lapnya bisa Anda lihat. Kami sedikit lelah setelah musim yang panjang ini, tapi sekarang kami tidak sabar untuk memulai musim baru. Selalu merendah, tetapi dengan atmosfer ini kami dapat bekerja dengan sangat baik tahun depan,” pungkasnya.

Tes pertama pada tahun 2024 akan berlangsung di awal Februari mendatang di Sirkuit Sepang, Malaysia. (tra)