COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengonfirmasi penambahan jumlah pasien positif terjangkit virus corona. Saat memberikan keterangan di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta (29/3), Yuri mengatakan, jumlah kasus positif berjumlah 1.285.

Sedangkan korban meninggal dunia tercatat 114 orang. Sementara pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 64 orang.

Peningkatan ini terbilang cukup signifikan. Pasalnya pada Sabtu (28/3), jumlah pasien positif virus corona sebanyak 1.155 orang. Artinya dalam tempo sehari penambahannya sebanyak 130 kasus. Sedangkan korban meninggal dunia kemarin sebanyak 102 atau bertambah 12 orang.

Sedangkan pasien yang sembuh hanya bertambah lima orang. Kemarin jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 59 orang.

Yuri menjelaskan, semakin bertambahnya kasus positif covid-19 membuktikan di lingkungan masyarakat masih terdapat penyebaran virus corona. Yuri meminta masyarakat menyadari pentingnya social distancing untuk mencegah penularan yang semakin meluas.

Yuri menegaskan, pemerintah berulang kali telah mengimbau dilaksakannya social distancing. Masyarakat diimbau agar beraktivitas, belajar, dan bekerja dari rumah. Pasalnya penularan virus corona sangat rentan terjadi pada orang-orang yang masih berkeliaran di luar rumah.

Itulah sebabnya menurut Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini perlu ditingkatkan kedisiplinan di masyarakat. Yuri mengimbau masyarakat untuk tetap produktif selama tinggal di rumah, menerapkan physical distancing dan mengonsumsi makanan bergizi. (ant)