Jejaring Fasyankes

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) melakukan pembinaan jejaring Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes). Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya di wilayah Kelurahan Cipas.

Kepala Puskesmas Cipas, Nunung Baitaningsih mengatakan, melalui pembinaan yang dilakukan diharapkan seluruh Fasyankes di wilayah Cipas dapat berperan dalam mewujudkan Kecamatan Sehat. Tentunya dengan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang sesuai dengan standar pelayanan.

“Semoga dengan pembinaan yang kami berikan, seluruhnya dapat memenuhi standar pelayanan kesehatan yang optimal,” tuturnya sebagaimana Dilansir laman resmi Pemkot Depok (29/3).

Lebih lanjut, ucap Nunung, pembinaan yang dilakukan meliputi pelaporan pelayanan, pemilahan limbah medis, dan perizinan sarana dan tenaga kesehatan. Ada juga pelaksanaan pembinaan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) sesuai MoU dengan Puskesmas, serta pengelolaan obat.

Sementara Penanggung Jawab (PJ) Jejaring Fasyankes, Elita Tanjung menuturkan, pihaknya sudah melakukan pembinaan ke dua klinik, tiga dokter gigi praktik, empat bidan praktik mandiri. Selain juga pembinaan ke dua apotek.

“Kami akan terus lakukan pembinaan ke seluruh fasyankes di wilayah Cipas agar terus memenuhi standar pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (dha)