Kebakaran

Kastara.ID, Jakarta – Pemukiman warga terdampak kebakaran di kawasan Pasar Gembrong, Jalan Basuki Rahmat, RW 01, Kelurahan Cipinang Besar Utara (CBU), Jatinegara, Jakarta Timur, akan dijadikan Kampung Siaga. Rencananya pembangunan akan dimulai, Juni mendatang.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, pemukiman warga di lokasi kebakaran kawasan Pasar Gembrong akan ditata ulang. Pemetaan dan pengukuran lahan telah dilakukan jajaran unit teknis terkait. Tercatat ada 185 rumah warga terdampak musibah kebakaran yang terjadi sepekan jelang Idul Fitri 1443 Hijriah lalu.

“Saat ini sedang dibahas di tingkat kota soal penataan kawasan tersebut. Ini akan dijadikan kampung percontohan di kawasan padat hunian. Sementara warga kita evakuasi ke Rusun CBU,” papar Anwar, Senin (30/5).

Dengan dijadikan sebagai Kampung Siaga, jelas Anwar, nantinya kawasan padat penduduk ini akan memiliki fasilitas lengkap, seperti adanya sumur resapan, taman bermain anak, instalasi pengolahan limbah (ipal), dan sebagainya.

“Insya Allah, September mendatang, jika tidak ada halangan, penataan kampung ini selesai,” ungkap Anwar. (hop)