Panca Dharma

Kastara.ID, Depok – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Depok Siti Barkah mengingatkan seluruh istri Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memiliki berbagai peran. Peran tersebut juga tertuang dalam panca dharma yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ada lima peran wanita yang tertuang dalam panca dharma. Ke-5 nya harus bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Utamanya bagi kami istri atau pendamping ASN,” ujarnya di sela kegiatan pembinaan rutin yang juga dirangkai dengan halalbihalal di Alun-alun Kota Depok, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Senin (30/5).

Panca dharma tersebut, lanjutnya, yaitu pertama wanita sebagai pendamping suami. Kemudian wanita sebagai penerus keturunan bangsa dan wanita sebagai pendidik serta pembimbing anak.

“Wanita juga sebagai pengelola rumah tangga dan pencari nafkah tambahan. Yang terakhir, wanita sebagai anggota masyarakat yang berguna,” terangnya.

Cing Ikah, panggilan akrabnya menyebut, panca dharma wanita ini harus dipegang teguh oleh seluruh anggota DWP. Sehingga diharapkan istri ASN bisa berperan dengan fungsinya masing-masing, tanpa melupakan panca dharma.

“Mudah-mudahan dengan panca dharma ini, anggota DWP bisa menjalankan peran masing-masing tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan,” tutupnya. (dha)