Fokus Depok

Peran Wanita Melalui Panca Dharma yang Harus Diaplikasikan

Kastara.ID, Depok – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Depok Siti Barkah mengingatkan seluruh istri Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memiliki berbagai peran. Peran tersebut juga tertuang dalam panca dharma yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ada lima peran wanita yang tertuang dalam panca dharma. Ke-5 nya harus bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Utamanya bagi kami istri atau pendamping ASN,” ujarnya di sela kegiatan pembinaan rutin yang juga dirangkai dengan halalbihalal di Alun-alun Kota Depok, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Senin (30/5).

Panca dharma tersebut, lanjutnya, yaitu pertama wanita sebagai pendamping suami. Kemudian wanita sebagai penerus keturunan bangsa dan wanita sebagai pendidik serta pembimbing anak.

“Wanita juga sebagai pengelola rumah tangga dan pencari nafkah tambahan. Yang terakhir, wanita sebagai anggota masyarakat yang berguna,” terangnya.

Cing Ikah, panggilan akrabnya menyebut, panca dharma wanita ini harus dipegang teguh oleh seluruh anggota DWP. Sehingga diharapkan istri ASN bisa berperan dengan fungsinya masing-masing, tanpa melupakan panca dharma.

“Mudah-mudahan dengan panca dharma ini, anggota DWP bisa menjalankan peran masing-masing tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan,” tutupnya. (dha)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…