Kastara.ID, Jakarta – Ribuan wisatawan tercatat mengunjungi kawasan wisata Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat di hari terakhir libur cuti bersama Iduladha 1444 Hijriah.

Kepala UPT Monas, Muhammad Isa Sarnuri mengatakan, hingga pukul 11.30, jumlah pengunjung tercatat sudah mencapai 2.161 orang. Dari jumlah tersebut, 57 orang di antaranya merupakan wisatawan asing (mancanegara).

“Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah sampai sore nanti,” katanya, Jumat (30/6).

Isa menuturkan, pada hari H Iduladha, Kamis (29/6) kemarin, jumlah pengunjung Monas mencapai 19.835 orang dengan wisatawan mancanegara 192 orang.

Di musim libur panjang kali ini, tidak ada acara khusus yang digelar di Monas. Sebab, saat ini pihaknya tengah fokus menyiapkan acara menyambut HUT Kemerdekaan RI.

“Tidak ada acara khusus. Kawasan Monas tetap buka pukul 06.00-16.00. Sedangkan Tugu Monas dibuka mulai pukul 08.00-16:00,” tandasnya.

Perlu diketahui, tiket masuk ke Monas hanya bisa diperoleh menggunakan JakCard atau kartu sejenis yang dikeluarkan Bank DKI. Tarif tiket yang dikenakan untuk masuk Puncak Monas Rp 4 ribu (anak-anak), Rp 8 ribu (mahasiswa), dan Rp 15 ribu (dewasa).

Sedangkan harga tiket Museum Monas Rp 2 ribu (anak-anak), Rp 3 ribu (mahasiswa), dan Rp 5 ribu (dewasa).

Wisatawan yang tidak memiliki JakCard bisa bisa membelinya di loket Monas seharga Rp 45 ribu untuk kartu dan saldo awal. (hop)