Kastara.ID, Depok – Lebih kurang 60 personel gabungan dari Kodim 0508/Depok dan Satgas SDA Dinas PUPR Depok diturunkan dalam kegiatan karya bakti TNI di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, sejak 29 Juli hingga 2 Agustus 2019. Kegiatan ini dalam rangka melakukan normalisasi Kali Parakan Jati di Jalan Kekupu Raya, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar melalui Danramil 05/Sawangan Kapten Erwin Saputra Tambunan mengatakan, karya bakti tersebut merupakan giat sinergi antara Kodim dengan Pemkot Depok.

“Karya bakti ini merupakan giat non program Kodim 0508/Depok yang bekerja sama dengan Dinas PUPR Depok,” ucap  Danramil 05/Sawangan Kapten Arm Erwin Saputra.

Karya bakti TNI ini bagian dari tugas TNI, khususnya Angkatan Darat dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat sebagai wujud bagian kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Karya bakti ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial (Binter) TNI AD sebagai sarana untuk membangun kebersamaan dalam solidaritas antara prajurit TNI dengan Pemkot serta  komponen masyarakat khususnya Depok.

Di tempat yang sama Kapala Bidang (Kabid) SDA Dinas PUPR Depok Denny Setiawan sangat mengapresiasi giat barsama personel Kodim 0508/Depok tersebut.

Ditambahkan Denny, untuk giat karya bakti bersama personel Kodim sering dilakukan. Bahkan, kata dia, giat tersebut akan dilakukan rutin setiap tahun.

“Selain untuk pencegahan banjir, normalisasi ini juga untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur, sehingga tidak terjadi pendangkalan yang bisa menghambat lancarnya aliran air menuju hilir,” kata Denny.

Denny berharap normalisasi yang dilakukan hingga Jumat (2/8) mendatang, dapat menyadarkan masyarakat terhadap ekosistem kali.

“Kita berharap aksi ini dapat menyadarkan masyarakat agar mereka lebih peduli  lagi terhadap kebersihan kali dan sekitarnya,” imbuh Denny.(rud)