Lebaran Anak Yatim

Kastara.ID, Depok – Salah satu momen yang sering dijadikan sarana berbagi rezeki pada anak yatim yaitu pada 10 Muharram yang dikenal sebagai Lebaran Anak Yatim. Yatama (hari raya anak-anak yatim) yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram (Asyura) sebenarnya bukan hari raya sebagaimana hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.

Istilah Idul Yatama hanya sebagai ungkapan kegembiraan bagi anak-anak yatim, pada tanggal tersebut banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka seperti dalam hadits riwayat Abu Dawud ra.

Begitu pun di Pengajian Anak-anak Al Madani pimpinan Ustadz Nur Sobari yang dihadiri Ketua LSM KAPOK Kasno di Jalan Mandor Dami RT 06/07, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, saat memberikan santunan kepada 70 anak yatim yang menyambut gembira pada Ahad (30/8).

Ustadz Nur Sobari mengatakan, tanggal 10 Muharram ini yang bertepatan hari raya anak yatim diharapkan semua anak yatim bergembira tak lupa selalu mendoakan orang-orang dikasihinya.

Tak lupa Ustadz Nur Sobari menerima santunan yang dikumpulkan dari beberapa orang donatur yang tidak mau disebutkan namanya. Bahkan hampir setiap tahun bertambah yang memberikan sumbangan untuk anak-anak yatim.

“Doa anak yatim Insya Allah diijabah oleh Allah sang pemilik alam semesta ini,” ungkapnya.

Sementara Kasno juga menitipkan pesan doa kepada anak-anak yatim agar mereka juga mendoakan Ibu Wali Kota Depok Elly Farida dan Camat Sukamajaya beserta istrinya, agar diberi kesehatan karena mereka sedang terkena musibah.

Ditambahkan Kasno, mereka diharapkan kelak menjadi anak-anak yang sholehah dan berguna untuk bangsa dan negara serta agama. (*)