Walubi DKI Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) DKI Jakarta menggelar pendidikan dan pelatihan pandita pernikahan dalam agama Buddha, beberapa waktu lalu di Vihara Hemadhiro Mettavati, Jakarta Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung perwakilan Biro Dikmental Provinsi DKI Jakarta Muklis. Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut Pembimas Buddha DKI Jakarta Suwanto serta Penyelenggara Buddha Jakarta Barat Jasman.

Ketua DPD Walubi DKI Jakarta Jandi Mukianto mengatakan, pendidikan dan pelatihan tersebut diharapkan memunculkan pandita-pandita Lokapasraya baru, yang dapat membantu umat Buddha saat melangsungkan pernikahan di vihara dan cetiya di wilayah DKI Jakarta.

“Dengan perhatian dan dukungan dari pandita-pandita Lokapasraya, umat Buddha akan memiliki semangat untuk selalu aktif di vihara. Bentuk perhatian, bimbingan dan dukungan dari pandita Lokapalasraya kepada umat saat pra pernikahan hingga pemberkatan di vihara, merupakan bentuk kasih sayang dalam membimbing umat Buddha,” ujar Jandi, dalam keterangan tertulisnya (29/10).

Perwakilan Biro Dikmental Provinsi DKI Jakarta Muklis menuturkan, membangun keluarga harus memiliki tujuan dan memiliki makna perkawinan. Perkawinan adalah sah apabila menurut hukum masing-masing agama sesuai dengan tradisi dan budaya, dan dicatat menurut Undang-undang yang berlaku.

“Bagi pasangan suami istri diharapkan melengkapi administrasi pernikahan di dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Bahwa akte pernikahan sangat penting untuk setiap warga negara yang sudah menikah,” katanya.

Ditambahkan Muklis, pihaknya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan pendidikan dan pelatihan pandita pernikahan dalam Agama Buddha, yang diinisiasi DPD WALUBI DKI Jakarta. Diharapkan dari kegiatan ini melahirkan pandita yang membawa kebaikan serta manfaat bagi umat Buddha.

Pembimas Buddha DKI Jakarta Suwanto menyambut baik dan mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan pendidikan dan pelatihan pandita pernikahan dalam Agama Buddha.

“Tentunya kegiatan ini dapat menjadi momentum melahirkan pandita pernikahan yang senantiasa membantu umat dalam melangsungkan pra nikah hingga pernikahan di Vihara,” ucapnya.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut diikuti 50 pandita dari berbagai Majelis Agama Buddha yang tergabung di DPD WALUBI DKI Jakarta. (hop)