Ikon

Kastara.ID, Jakarta – Ikon “Padang Kota Tercinta” yang terletak di Gunung Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat, hangus terbakar pada Sabtu (30/11) sekitar pukul 06.00 WIB. Biaya pembangunannya menelan anggaran sekitar Rp 6,37 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian mengatakan, diduga kebakaran dikarenakan hubungan arus pendek. Akibat kejadian ini, diperkirakan kerugian mencapai Rp 200 juta.

Ikon yang dibangun tahun 2017 ini dibangun mirip dengan ikon “Hollywood” di Amerika yang terbentang di perbukitan. Ikon ini dibangun menggunakan baja berat WF HBM dengan tinggi konstruksi huruf “Padang” mencapai 10 meter, dan “Kota Tercinta” lima meter, dengan total berat bisa mencapai 40 ton. Konstruksi ditutup dengan lembaran akrilik bagian depannya dan bagian belakang ditutup dengan Alu Carbon. Di dalamnya dipasang lampu LED, dan di luarnya di pasang lampu sorot.

Arfian berharap, Dinas PU membangun kembali ikon tersebut, mengingat ikon tersebut belum diserahterimakan dari Dinas PU ke Dinas Pariwisata. “Belum diserahterimakan dari Dinas PU ke Dinas Pariwisata. Kita berharap dibangun lagi dan baru diserahterimakan,” jelas Arfian. (yan)