Kementerian ASTR/BPN

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah meminta pengamanan sempadan sungai dan situ yang ada di Kota Depok kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pasalnya,  saat ini terdapat tiga sungai besar dan 23 situ yang harus dijaga keberadaannya.

“Saya minta pengamanan kepada Menteri ATR terkait pengamanan sempadan sungai dan situ, walaupun sebagaian besar daerah sempadan sungai sudah bersertifikat pribadi,” ujar Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Hotel Bumi Wiyata, sebagaimana dilansir lama resmi Pemkot Depok (29/12).

Imam sangat berterima kasih jika ada pihak yang mau memberikan lahan sempadan sungai maupun situ untuk kebutuhan publik. Nantinya, lahan tersebut bisa dibangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kalau 15 meter dari bibir sungai atau situ enggak boleh dibangun. Jika mereka sukarela memberikan sebagai area publik, betapa indahnya sepanjang Sungai Ciliwung ada track jalan kaki, sepeda, dan dihiasi berbagai tanaman,” jelasnya.

Terakhir, dia juga mengajak masyarakat untuk bertani dengan memanfaatkan konsep pertanian perkotaan. Pasalnya, sistem bercocok tanam ini bisa diterapkan di lahan yang terbatas.

“Warga bisa kita kasih pendidikan agar memiliki ketahanan pangan dengan menerapkan pertanian perkotaan, sehingga ketika harga cabai mahal, di rumah sudah ada tinggal panen saja,” tandasnya. (dha)