Metro

Kapolresta Depok: Wartawan Adalah Mitra Penting

Kastara.ID, Depok – Depok Media Center (DMC) sebagai komunitas wartawan Kota Depok mengadakan silaturahim dan diskusi dalam buka bersama dengan Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto di Restoran Ta Wan, D’Mall, Jalan Margonda Raya, Depok, Jumat (31/5) malam.

Hadir sebagai pembicara di antaranya Kesit Budi Handoyo (Sekjen PWI Jaya), Rahmat Tarmuji (Wakil Ketua PWI Depok), serta Rusdy Nurdiansyah sebagai Pembina DMC.

Dalam kesempatan teraebut, Kapolresta Depok mengatakan bahwa media merupakan bagian dari mitra Polri yang sangat penting dalam memberikan informasi ke masyarakat. “Salah satu program yang besar adalah manajemen medianya,” ujarnya.

“Media inilah yang bisa menginformasikan apa saja yang sudah dilakukan kepolisian. Ini jadi strategi yang sangat penting bagi kepolisian,” imbuhnya.

Ditambahkan Didik, media sebagai fungsi kontrol setiap masalah. Media bisa membuat suasana tenang, bisa juga bikin hiruk pikuk. Karena itu media menjadi salah satu pilar penting.

“Media harus memberi informasi berimbang, perspektif dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan persatuan serta keutuhan NKRI,” papar Kapolresta Depok.

Soal wartawan, Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto dikenal sangat responsif terhadap wartawan. “Setiap wartawan butuh informasi, beliau selalu terbuka untuk wawancara,” kata Rahmat Tarmuji.

Di tempat yang sama Kesit Budi Handoyo menyoroti kelembagaan pers. “Siapa saja saat ini bisa dengan mudah bikin kartu pers. Namun media pers adalah media yang berbadan hukum. Itu pun khusus badan hukum pers. Jadi tidak bisa sembarang orang ujuk-ujuk jadi wartawan,” ungkap Kesit.

Untuk media yang terverifikasi, berdasarkan undang-undang media, menurut Kesit harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan Dewan Pers.

Khusus media online, saat ini sangat pesat perkembangannya. “Tercatat tak kurang dari 47 ribu media online tersebar di seluruh Indonesia. Tapi yang terverifikasi hanya sekitar dua ribu,” pungkas Kesit. (*)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…