Kastara.ID, Jakarta – Kabar duka kembali datang dari keluarga mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada Jumat (30/8) malam sekitar pukul 19.21 WIB, ibunda SBY, Siti Habibah meninggal dunia setelah menjalani perawatran di RS Mitra Keluarga Cibubur, Jakarta Timur.

Wakil Sekretaris (Wasekjen) Partai Demokrat Didi Irawadi mengatakan, jenazah akan dimakamkan di Pemakaman Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Sabtu (31/8) siang. Sebelumnya jenazah akan dishalatkan dan disemayamkan di kediaman pribadi SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Kepergian ibundanya ini menjadi kesedihan kedua bagi SBY. Pasalnya beberapa saat yang lalu, Ketua Umum Partai Demokrat ini telah terlebih dahulu ditinggalkan istri tercintanya, Ani Yudhoyono. Bahkan kepergian Ani Yudhoyono masih belum berjarak 100 hari.

SBY mengaku kepergian dua orang yang dicintainya sebagai ujian dari Allah SWT. Itulah sebabnya SBY menyatakan menerimanya dengan tabah dan tawakal. Saat berbicara di kediamannya, SBY menyebut kesedihannya masih tidak sebanding dengan anugerah yang diberikan Allah SWT.

Sementara itu di kediaman SBY tampak karangan bungan ucapan duka cita. Di antaranya datang dari Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Selain itu tampak pula karangan bunga dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Basuki Tjahaja Purnama, dan Rachmawati Soekarnoputri.

Sedangkan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno terlihat melayat ke rumah duka. Kedatangan Sandiaga disambut putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi isitrinya Anisa Pohan. (rya)