Tahun Baru

Kastara.ID, Jakarta – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI menggelar apel persiapan dukungan pengamanan malam Tahun Baru di kawasan Car Free Night (CFN). Bertindak sebagai Inspektur Apel yang berlangsung di Pintu Barat Daya Monas, Gambir, Jakarta Pusat, adalah Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin.

Arifin mengatakan, 1.150 personel Satpol PP DKI Jakarta dikerahkan untuk memastikan malam pergantian tahun di kawasan CFN, serta pusat-pusat keramaian atau hiburan berjalan tertib, aman, dan lancar.

“Personel kami akan melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangan, terutama untuk membantu dan melayani warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun,” ujarnya, Selasa (31/12).

Arifin menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 44 posko informasi dan pengaduan untuk mengoptimalkan kinerja personel Satpol PP di lapangan, khususnya dalam membantu masyarakat.

“Kami juga akan menyiapkan personel Satpol PP patroli sepeda dalam mendukung mobilitas pelaksanaan tugas,” terang Arifin.

Arifin menjelaskan, untuk menertibkan para pedagang, Satpol PP DKI Jakarta akan mengedepankan cara-cara persuasif dan humanis.

“Mereka sudah kita siapkan lokasi berjualan. Saya harap ini bisa ditaati untuk kenyamanan bersama. Kami memastikan tidak ada penyitaan barang dagangan saat ada penertiban,” ungkapnya.

Arifin meminta, warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun untuk tidak membawa atau menyalakan petasan.

“Kalau ada warga yang kedapatan membawa atau menyalakan petasan akan kami tindak. Kami juga meminta warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan apel tersebut, selain memberikan arahan, Arifin juga memberikan sejumlah pertanyaan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan anggota Satpol PP DKI Jakarta. Mereka yang bisa menjawab pertanyaan langsung diberikan hadiah berupa uang tunai. (hop)