Vaksinasi(depok.go.id)

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggelar vaksinasi Covid-19 pada Kamis (14/1) ini. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan menjadi salah satu peserta pertama penerima vaksin merek Sinovac tersebut.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan, secara simbolis Pemkot Depok siap melaksanakan vaksinasi di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) sebagai lokasi penunjukan. Menurutnya, salah satu persyaratan penerima vaksin yaitu calon peserta belum pernah terkonfirmasi positif Covid-19.

“Karena itu saya tidak bisa menerima vaksin karena saya pernah terkena Covid-19. Bukan hanya yang pernah positif, beberapa kondisi kesehatan juga menjadi penyebab tidak bisanya seseorang menerima vaksin ini,” kata Mohammad Idris usai memeriksa kesiapan dan simulasi vaksinasi Covid-19 di RS UI (12/1).

Mohammad Idris sendiri pernah dinyatakan Positif Covid-19 pada 25 November 2020 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Idris menjalani perawatan selama sepekan, hal itu yang mendasari ia tidak menjadi peserta penerima vaksin.

Mohammad Idris menjelaskan, ada 16 pertanyaan yang akan diberikan petugas vaksinasi untuk calon penerima vaksin. Selain itu akan dilakukan screening, juga diperiksa mulai dari tensi hingga penyakit bawaan atau cormobid.

“Nantinya akan ditanya semua sebelum disuntikkan vaksin. Sebenarnya saya ingin karena untuk menguatkan tubuh dari Covid-19,” jelasnya.

Idris menambahkan, meski tidak menjadi penerima vaksin, namun dirinya tetap memastikan semua kelengkapan pendukung sudah siap. Dengan begitu, ketika hari pelaksanaan bisa dilakukan dengan baik.

“Lokasi vaksin untuk tahap awal adalah di RSUI. Selanjutnya akan ada di tempat lain di RS swasta yang ditunjuk dan juga puskesmas,” tutupnya. (lan)