Oppo F5

Kastara.id, Jakarta – Oppo akhirnya secara resmi menyebar undangan peluncuran produk terbarunya di kuartal terakhir tahun ini, F5. Acara ini akan berlangsung di Jakarta, tepatnya pada 13 November 2017.

Dari laman resminya belum banyak informasi yang dikonfirmasikan Oppo mengenai perangkat barunya selain kehadiran layar FHD+ bertipe full screen display dengan resolusi tinggi 2160 x 1080 pixel dan juga kehadiran A.I. Beauty Recognition Technology yang dibenamkan pada kamera selfie perangkat ini. Namun dipastikan Oppo F5 menjadi perangkat pertama Oppo yang mengusung layar full screen display dengan rasio layar 18 : 9. Kehadiran layar besar ini tentunya tidak akan menambah dimensi dari perangkat F5 itu sendiri, F5 tetaplah merupakan smartphone yang sangat nyaman digengam oleh satu tangan.

Pada sektor kamera depan (dual camera), Oppo semakin memperkuat posisinya sebagai Selfie Expert dan menjadi trend setter pada industri smartphone dengan mengusung teknologi A.I. Beauty Recognition. Fitur ini menyajikan kecerdasan buatan yang dapat menganalisa dan mengenali secara detail subjek foto mulai dari jenis kelamin, usia subjek, warna dan jenis kulit. Fitur ini juga mampu melakukan perhitungan terhadap kondisi cahaya sekitar yang nantinya akan dihubungkan dengan database foto global untuk mereferensikan hasil selfie subyek.

Kalkulasi dan penelurusan database yang dilakukan oleh kecerdasan buatan ini, akan menghasilkan foto yang jauh lebih nyata dan tampak sangat natural. A.I. Beauty Recognition akan melakukan pemidaian lebih dari 200 titik pada wajah dan mengenali setiap detail keunikan dari wajah subjek seperti pada bagian hidung, lekuk pipi bahkan bentuk dagu.

Salah satu yang membedakan dari seri Selfie Expert sebelumnya, Oppo F5 tidak lagi menempatkan fingerpint pada tombol home. Fingerprint pada Oppo F5 kini diletakkan di bagian belakang, tepat di atas logo Oppo.

Sementara dari ukuran layar, Oppo F65 akan tampil dengan layar 6 inchi. Untuk kapasitas baterai pun ditingkatkan menjadi 4.000 mAh (non-removable). Sedangkan OS yang disematkan sudah mengusung Android 7.0 (Nougat).

Seperti pada lini seri selfie expert sebelumnya, diperkirakan Oppo akan mengusung lebih dari satu varian perangkat F5. Namun hingga saat ini belum dapat dipastikan berapa varian perangkat seri ini yang akan meluncur di Indonesia. Selain akan memperkenalkan perangkat terbarunya, Oppo juga akan memperkenalkan persona “Selfie Expert” untuk produk terbarunya pada peluncurannya.

Sejak 10 tahun terakhir, Oppo telah dikenal sebagai produsen yang fokus pada produksi ponsel kamera, sekaligus berinovasi melalui terobosan pada teknologi fotografi. Bahkan Oppo menjadi pionir tren selfie dan fitur percantik wajah, serta menjadi merek pertama yang meluncurkan ponsel dengan kamera depan 5MP dan 16MP.

Pada awal kemunculannya, Oppo juga menjadi merek pertama untuk mengenalkan sistem kamera berputar otomatis, fitur Ultra HD, dan teknologi kamera ganda 5x zoom. Seri Selfie Expert F yang diluncurkan pada 2016 telah mengubah tren selfie pada industri smartphone. Menurut International Data Corporation (IDC), pada 2016 OPPO secara global menduduki peringkat nomor empat dunia sekaligus memberikan pengalaman fotografi melalui smartphone terbaik kepada lebih dari 200 juta orang di dunia. (dwi)