Pilkada 2020

Kastara.ID, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat Indonesia untuk terus optimis dalam mengatasi segala tantangan di tahun 2020. Puan pun meminta masyarakat untuk selalu semangat dalam bergotong royong untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat. Ia menjelaskan bahwa sikap gotong royong akan muncul bila dilandasi persatuan dan kerukunan nasional dan menjadi satu poin positif hadapi Pilkada serentak tahun 2020.

Politisi PDI-Perjuangan ini menerangkan bahwa tahun politik 2019 telah dilewati dengan suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden. Untuk itu ia menjamin Anggota Dewan periode 2019-2024 akan menjalankan fungsinya secara konstruktif untuk memastikan program-program pemerintahan hasil Pilpres 2019 dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Tahun politik telah diselesaikan. Diharapkan program-program Pemerintah harus dapat menjamin terpenuhinya hak-hak dasar warga di bidang sosial dan ekonomi berupa penyediaan lapangan kerja, layanan kesehatan, pendidikan, dan pelayanan publik lainnya agar masyarakat makin merasakan hadirnya keadilan sosial,” jelasnya dalam rilis yang diterima Parlementaria (31/12).

Menurutnya persatuan dan kerukunan nasional menjadi fundamental mengingat tahun 2020 akan ada 270 Pilkada yang berlangsung serentak. Sebagai bagian dari proses demokrasi, ia menyampaikan bahwa Pilkada serentak 2020 harus menghadirkan kegembiraan politik untuk mencari pemimpin-pemimpin daerah terbaik, bukan menjadi ajang konflik horizontal.

“DPR bersama Pemerintah dan penyelenggara Pemilu lewat peraturan yang disusun bersama akan memastikan proses Pilkada serentak 2020 berlangsung jurdil (jujur dan adil). Mari kita hadapi tantangan ekonomi dan politik tahun 2020 dengan optimistis lewat semangat gotong royong untuk mencari solusi terbaik bagi bangsa ini,” tutup politisi dapil Jawa Tengah V tersebut. (rso)